Sabtu, 13 Apr 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

UGM dan ITS Ikut Meriahkan Ekspo Kampus MAN 1 Lamongan

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan-Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Lamongan benar-benar kompak. Tidak hanya siswa dan dewan guru, para alumni juga tidak kalah. Bahkan, para alumni tergabung dalam Ikatan Alumni MAN 1 Lamongan (IKAMANELA) yang tersebar di berbagai kampus di tanah air, baik negeri maupun swasta pun bergerak pulang kampung menggelar kegiatan expo campus untuk adik-adik kelasnya di MAN 1 Lamongan, Sabtu (22/1/2022).

Kegiatan dengan tema “Mempersiapkan Generasi Z Yang Aktif dan Inovatif dalam Rangka Adaptasi di Era Disrupsi” yang diselenggarakan bersama BK ini berjalan meriah dan sukses. Sebanyak 24 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan swasta ikut memeriahkan acara yang dipusatkan di aula dan halaman madrasah tersebut. Ke-24 perguruan tinggi tersebut di antaranya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), ITS, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Negeri Malang, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Walisongo Semarang, Universitas Trunojoyo Madura, UIN KH Ahmad Sidiq Jember, Universitas Jember, Politeknik Negeri Jember, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UNISLA, Poltekes Surabaya, Poltekes Semarang, UIN Sunan Ampel, , UPN Veteran Jawa Timur, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, dan Universitas Terbuka.

“Saya ucapkan banyak terima kasih dan luar biasa kepada IKA Manela yang pulang kampung. Kegiatan IKA Manela Pulang kampung yang ke-11 ini menjadi bukti kasih sayangnya kepada adik-adik kelasnya,” tegas Kepala MAN 1 Lamongan Nur Endah Mahmudah, S.Ag, M.Pd dalam sambutannya di acara pembukaan Ekspo Kampus.

Baca jugaSiswa MAN 1 Lamongan Borong Tropi Juara, Regional hingga Nasional

Selain diikuti seluruh siswa kelas XII, kegiatan tersebut juga dihadiri sejumlah pihak, termasuk Kasi Pendma Kemenag Kabupaten Lamongan, Drs H. Masduki Yasin, M.Pd, Sarjono, M.Pd (pengawas), Zainal Muttaqin (pengawas), juga para wali kelas ikut hadir. Sebelum pembukaan, acara diisi dengan penayangan video profile perguruan tinggi. Para siswa yang hadir terlihat serus menyimak betul tayangan tersebut untuk jadi referensi bagi mereka sebelum menentukan perguruan tinggi yang akan dipilih nanti. Acara tersebut sekaligus dimanfaatkan untuk pengukuan pengurus IKA Manela MAN 1 Lamongan.

Nur Endah meminta kepada para siswa untuk memanfaatkan moment ekspo kampus ini untuk meminta bimbingan kepada kakak kelasnya yang sudah berhasil masuk ke perguruan  tinggi. Mantan Kepala MTs Negeri 1 Lamongan ini yakin para alumni memiliki cara dan trik khusus untuk bisa lolos dalam seleksi masuk ke perguruan tinggi. “Dan sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga kegiatan ini diridhoi Allah Swt. Selamat dan semoga Sukses Perencanaan, Sukses Pelaksanan, dan tentunya Sukses Hasil,” tegas Nur Endah yang juga mantan Waka Kurikulum MAN 1 Lamongan ini.

Sementara itu, Kasi Pendma Kemenag Kabupaten Lamongan, Drs. H. Masduki Yasin, M.Pd mengakui bahwa kegiatan ekspo kampu yang digelar IKA Manela ini merupakan gebrakan luar biasa dan Langkah inovatif menuju madrasah mendunia. Sehingga ke depan, lanjut Masduki, anak-anak madrasah bukan hanya menjadi pilihan tetapi juga menjadi kebutuhan di dalam menghadapi tantangan zaman. “Dan saya yakin alumni mampu menerobos seluruh tatanan hidup di era yang serba digital ini,” harap Masduki.

Baca jugaJuara ISPO 2021, Siswa MAN 1 Lamongan Dapat Tiket Wakili ke Hongkong

Untuk itu, dirinya berharap para siswa juga alumni  MAN 1 Lamongan untuk tidak henti-hentinya terus mengasah diri, mengasah kemampuan menghadapi tantangan yang penuh komplek dan global. Menurut dia, pemuda hari ini adalah penerus masa depan. Dirinya yakin potensi siswa juga alumni MAN 1 Lamongan cukup menyakinkan untuk bisa menggenggam dunia. “Saya atas nama Kemenag memberikan apresiasi atas ekspo ini. Di tangan dan di pundak kalian mampu, masa depan umat ini ditaruhkan, semoga kalian bisa menghadapi dengan keimanan dan ketauhidan. Ini yang membedakan kalian semua dengan sanak sekolah lain,” tegas dia.

Lebih lanjut, Masduki menitip pesan kepada civitas akdemika MAN 1 Lamongan terkait tujuh program prioritas Menteri Agama,  Yaqut Cholil Qoumas, khususnya moderasi beragama. Disampaikan, civitas akademika MAN 1 Lamongan tetap harus tetao termotivasi dan semangat untuk mengimplementasikan program prioritas Menteri tersebut. Sehingga ke depan, madrasah ini bisa menghasilkan generasi moderat rahmatan lil alamin. “Tidak menjadi generasi ekstrim kanan atau kiri, karena Islam memang diturunkan ke dunia adalah sebagai rahmatan lil alamin,” ucap dia.

Karena bagi dirinya, keberagaman di tanah air ini merupakan sebuah keniscayaan yang harus diakui dan disari, sehingga masing-masing komponen bangsa tidak perlu merasa benar sendiri. Menurut dia, moderasi beragama ini bukanlah kurikulum atau RPP baru, tetapi bagaimana materi moderasi beragama tersebut diselipkan dalam setiap pelajaran yang ada. “Ini penting biar kondisi beragama ke depan bisa berlangsung nyaman. Kita hormarti segala perbedaan yang ada. Dan alhamdulillah Lamongan menjadi pilot project karena kita memiliki desa Pancasila, di desa Balun Turi,” beber dia. Pihaknya ingin mengenalkan bahwa keberagaman di sini Lamongan ini indah dan indah itu damai. “Inilah harapan kami. Dan insayallah MAN 1 Lamongan akan menjadi wajah dan icon Kemenag Lamongan,” harap dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Ekspo Kampus Moh Tanwirul Huda mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, mulai kepala madrasah, dewan guru, dan juga para panitia yang sudah berkorban banyak, mencurahkan tenaga, waktu juga biasa demi suksesnya acara ini. “Tanpa support kamian semua tidak mungkin acara ini bisa terlaksana.  Dan saya perwakili panitia, mohon maaf bila ada hal-hal yang tidak berkenan, kami mohon maaf sebesar-besarnya,”  ujar mahasiswa UINSA Surabaya ini. (roudlon)

Foto-Foto: Arif Syamsuddin


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR