Selasa, 17 Mei 2022
  • Visi MAN 1 Lamongan : Terwujudnya madrasah digital yang unggul, berkarakter, terampil, dan berbudaya lingkungan

Siswi MAN 1 Lamongan Lolos Paskibraka Provinsi

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan-Siswa MAN 1 Lamongan kembali mengukir prestasi. Kali ini diraih oleh siswi MAN 1 Lamongan, Farenina Luthfi Nabila. Siswi yang  duduk di bangku kelas X MIPA-7 ini berhasil lolos jadi anggota Paskibraka Provinsi Jawa Timur tahun 2022 setelah menyingkirkan ratusan pesaing dari berbagai daerah di Jawa Timur. “Alhamdulillah, senang sekali saya bisa lolos,” aku Farenina Luthfi Nabila ketika ditemui.

Kegembiraan Farenina bisa lolos masuk sebagai anggota Paskibraka Provinsi Jawa Timur bisa dimaklumi. Ini karena seleksi Calon Paskibraka Provinsi (Capasprov) tahun ini berlangsung sangat ketat. Ketatnya persaingan dalam seleksi Capasprov tersebut sebenarnya sudah terlihat sejak awal. Pada tahapan seleksi di tingkat kabupaten sudah diikuti sekitar 500 peserta yang menjadi perwakilan hasil seleksi dari sejumlah lembaga pendidikan di wilayah Lamongan.

Baca jugaRaih Juara II Nasional, Siswi MAN 1 Lamongan Dapat Beasiswa Kuliah

Faren— anggilan akrab Farenina Luthfi Nabila—menceritakan pada tahapan seleksi yang digelar Dispora Kabupaten Lamongan itu disaring lagi, hanya diambil 75 peserta. Kemudian disaring lagi untuk diambil 10 peserta terbaik dan itu masih dikerucutkan lagi hingga tinggal 6 peserta. Ke-6 peserta terpilih ini kemudian dijadikan sebagai delegasi mewakili Kabupaten Lamongan untuk diikutkan dalam seleksi di tingkat provinsi Jawa Timur.

Dari enam peserta yang dikirim ke Provinsi Jawa Timur tersebut, lanjut dia, dua di antaranya berasal dari MAN 1 Lamongan. Selain dirinya, siswa MAN 1 Lamongan yang berhasil lolos masuk seleksi ke tingkat provinsi adalah Bening Brilian Taura Abdi. Siswa kelas X IPS-3 ini ikut bersama Faren untuk ikut seleksi bersaing dengan 228 peserta lain dari 38 kabupaten/kota di tingkat  provisni Jawa Timur.

Baca jugaSiswa MAN 1 Lamongan Borong Tropi Juara, Regional hingga Nasional

Bening Brilian Taura Abdi menceritakan materi tes dalam seleksi di tingkat provinsi Jawa Timur tersebut bukan hanya fisik semata, tetapi juga tes tulis. Selain diuji wawasan kebangsaan dan kebudayaan, juga ada tes interview dengan menggunakan Bahasa Ingrris. Dari rangkaian tes-tes tersebut, pihak juri tingkat provinsi hanya memilih 76 terbaik di tingkat provinsi. “Para peserta terbaik itu nanti akan diseleksi lagi untuk diikutikan dalam seleksi tingkat nasional,” terang anak pertama dari dua bersaaudara ini.

Faren menambahkan ikut menjadi anggota Paskibraka ini memang menjadi cita-cita dari kecil. Diakui, dirinya memiliki famili yang menjadi anggota paskib, sehingga menginspirasi dan memotivasi dirinya untuk ikut tergabung. Dan salah satu motivasi dirinya masuk ke MAN 1 Lamongan juga karena ada kegiatan ekstra paskib di dalamnya dengan guru pembinanya, Dedy Chandra Setyawan, S.Pd. “Jadi, ini cita-cita dari kecil. Makanya, saya senang dan bangsa bisa lolos,” aku Faren.

Hal sama juga diakui Bening. Dia berharap apa yang diraih ini bisa memberi inspirasi dan juga motivasi bagi siswa MAN 1 Lamongan. Paling tidak, dirinya bisa membawa nama madrasah di tingkat provinsi Jawa Timur.

Sementara itu, guru pembina Paskibraka MAN 1 Lamongan, Dedy Chandra Setyawan, S.Pd. mengaku senang atas prestasi siswanya tersebut. Dedy yang juga guru olahraga ini berharap hasil kerja keras Faren dan juga Bening tersebut bisa menginspirasi dan memotivasi siswa MAN 1 Lamongan lainnya.  “Dan kami tentunya bersyukur dan berterima kasih kepada ananda Farenina Luthfi Nabilla yang sudah mengikuti semua tahapan dengan baik dan sukses lolos menjadi Paskibraka Provinsi Jawa Timur 2022. Semoga prestasi serupa dapat kembali didapatkan di tahun-tahun berikutnya,” tegas Dedy penuh semangat. (roudlon)

 


Share Agar Bermanfaat!!

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR